Thursday, November 17, 2011

Intel Core i7, Kecepatan dan Performanya Paling Canggih

Intel telah mengeluarkan mikroprosesor desktop generasi barunya, Core i7 ( Nehalem). CPU baru ini lebih cepat dibandingkan Core 2 Duo, bahkan dinobatkan sebagai CPU tercepat yang ada saat ini.
Core i7 diluncurkan dalam tiga versi quad-core untuk menyasar tiga segmen pasar PC desktop yang berbeda. Yang pertama adalah model dasar 920 (2,66GHz) dengan harga resmi US$ 286. Model kedua adalah 940 2,93GHz dengan harga US$ 562, sedangkan model ketiga adalah 965 Extreme Edition 3,2GHz dengan harga US$ 999.
Harga Core i7 memang tidak murah. Namun jika Anda ingin merakit PC dengan sistem Core i7, Anda memang harus membayar mahal. Untuk sistem, pilihan Anda saat ini masih terbatas pada motherboard dengan chipset Intel X58 (dengan ICH10 southbridge) dan memori DDR3. Harga keduanya pun belum murah.
Namun prosesor baru ini menawarkan beberapa fitur baru, antara lain kendali memori yang terintegrasi dan moda Turbo baru. Hyperthreading juga muncul kembali, menambahkan empat inti virtual ke empat inti fisik yang ada di CPU Core i7.
Moda Turbo, yang disebut Dynamic Speed Technology, memungkinkan CPU untuk mematikan inti dan meningkatkan clock speed, yang bisa bermanfaat pada aplikasi-aplikasi lama yang membutuhkan megahertz lebih, bukan inti yang lebih banyak. Pada aplikasi muti-threaded, CPU akan menyeimbangkan beban di semua inti.
CPU baru ini memiliki 731 juta transistor dalam satu die berukuran 263 milimeter persegi. Semua prosesor Core i7 dirancang pada daya desain thermal 130 watt. Antarmuka Quick Path Interconnect menyediakan bandwidth 19,2 gigatransfer pre detik pada model 920 dan 940, dan 25,6 gigatransfer pada model Extreme Edition.
Intel Core i7 64-bit x86-64 prosesor dengan menggunakan Nehalem , Westmere , dan Sandy Bridge microarchitectures .  Core i7 merek adalah ditargetkan pada pasar konsumen high-end dan bisnis baik untuk komputer desktop dan laptop, dan dibedakan dari i3 Core (-tingkat konsumen entry), Core i5 (konsumen mainstream) dan Xeon (server) merek.
Dalam setiap dari tiga generasi pertama mikroarsitektur dari merek, Core i7 memiliki anggota keluarga menggunakan dua arsitektur sistem yang berbeda tingkat, dan karena itu dua soket yang berbeda.  Dalam setiap generasi, yang berkinerja tertinggi Core i7 menggunakan soket yang sama dan QPI berdasarkan arsitektur-sebagai akhir Xeon prosesor-generasi yang rendah, sedangkan yang lebih rendah dengan performa Core i7 menggunakan soket yang sama dan PCIe / DMI / arsitektur FDI sebagai Core i5.
“Core i7″ adalah penerus Intel Core 2 merek.  Core i7 pengidentifikasi pertama kali diterapkan pada awal keluarga prosesor  CODEC Bloomfield diperkenalkan pada tahun 2008 . Pada tahun 2009 nama diterapkan untuk Lynnfield dan Clarksfield model. Sebelum 2010, semua model adalah prosesor quad-core. Pada tahun 2010, nama diterapkan untuk dual-core Arrandale model, dan Gulftown i7-980X Extreme Core yang memiliki enam hyperthreaded core.  Pada bulan Januari 2011, Intel merilis sebuah garis Sandy Bridge chip berbasis di bawah merek Core i7.
Perwakilan Intel menyatakan bahwa moniker Core i7 dimaksudkan untuk membantu konsumen memutuskan untuk membeli prosesor sebagai produk berbasis Nehalem yang lebih baru dirilis di masa depan. Nama melanjutkan penggunaan Intel Core merek.  Yang pertama Core i7 secara resmi diluncurkan pada tanggal 17 Nopember 2008.
Prosesor Core
Core i7 dirilis awal adalah codename Bloomfield , dicap sebagai Core i7-9xx bersama dengan mereka Xeon 3500-series rekan-rekan.  Pada 2009, mereka-end Intel Desktop prosesor yang tinggi, berbagi Socket 1366 platform dengan prosesor server dan dual-prosesor tunggal.
Lynnfield adalah prosesor kedua yang dijual di bawah merek Core i7, sementara pada saat yang sama yang dijual sebagai Core i5 .  Tidak seperti Bloomfield, itu tidak memiliki QPI antarmuka tetapi langsung menghubungkan ke Southbridge menggunakan 2.5 GT / s Direct Media Interface dan ke perangkat lain yang menggunakan PCI Express link dalam Surat Socket 1156 . Core i7 berdasarkan Lynnfield memiliki Hyper-Threading , yang dinonaktifkan dalam Lynnfield berbasis prosesor Core i5.
Clarksfield adalah versi mobile dari Lynnfield dan tersedia di bawah merek Core i7 Mobile, sebagai bagian dari platform Calpella. Ini dirilis pada Intel Developer Forum pada tanggal 23 September 2009.
Core i7 Keluarga prosesor ini Arrandale , dijual sebagai i7-6xx prosesor Core dan menampilkan terpadu graphics processing unit namun hanya dua core prosesor, setengah dari Clarksfield. Clarkdale , versi desktop Arrandale, tidak akan dijual sebagai Core i7 , tetapi hanya sebagai i3 Core dan Core i5 . Semua dukungan Intel Hyper Threading (HT).

No comments:

Post a Comment